PILIH PILIHAN HIDUP SENDIRI

Akhir-akhir ini gue sering menanyakan hal-hal yang mungkin buat lu ga penting. Tapi entah kenapa pertanyaan ini selalu ada di kepala. Kayak kemaren ada pertanyaan "ngejar apaan si, mesti nyampe kantor 15 menit sebelum jam masuk?"

Sekarang ada lagi yang baru: "Kenapa ya ortu gue ga bantuin gue nyariin kerjaan?"

Sejak lulus kuliah gue usaha sendiri nyari kerjaan. Habis lulus, 6 bulan gue baru dapat kerja pertama. Itu pun dapat kontrak 6 bulan doang awalnya. Hasil usaha sendiri, nyari-nyari info lowongan kerja. Kalo ga rajin mantau grup alumni kuliah, ga bakalan dapet itu kerjaan.

Kerjaan yang gue dapat pertama kali, sesuai sama background pendidikan gue selama ini. Ternyata, sesuai juga sama passion gue yang ketemu pas lagi kuliah: nulis.

Sampai hari ini gue dapet kerjaan terbaru, semuanya atas usaha sendiri. Orang tua gue bantu nyemangatin sama ngedoain aja. Gue ga tau ya di belakang gue mereka usaha nyariin gue kerjaan apa ga. Tapi kayaknya sih ga ada ya wahahahak!!

Kenapa gue yakin ga ada? Karna gue tau, keluarga dari bapak gue tu punya koneksi yang lumayan. Setidaknya gue tau ada 2 orang yang kemungkinan bisa ngasih peluang kerjaan. Salah satunya, pejabat penting di salah 1 kotamadya di Provinsi sini. Bahkan katanya, bapak gue yang jadi saksi pernikahan mereka zaman dulu.

Koneksi Emak gue juga lumayan sebenarnya, bahkan ada 1 kawan akrabnya dia yang jadi staf ahli di salah satu kota di sini. Ga ada juga tu hawa-hawa minta cariin kerjaan buat gue. Makanya gue yakin orang tua gue ga ada yang bantu cariin gue kerja wahahahak!

JAWABAN DARI PERTANYAAN ITU

Sekian lama pertanyaan itu tersimpan di kepala, dari tahun 2015 sampai hari ini, baru kemaren dapet jawabannya. Ketemu jawabannya pun sebenarnya ga disengaja. Jawaban itu datang ketika gue dengerin siniarnya bang Pandji di Spotify.

Dalam siniarnya itu, bang Pandji ngasih tanggapan terhadap seseorang yang ga tau cita-citanya mau ngapain. Seseorang ini ngerasa ga ada tujuan hidupnya gitu. Gue ga nyangka, pembahasan yang awalnya ga ada berhubungan sama pertanyaan gue itu, justru ketemu jawabannya di sana.

Jawabannya berkesan banget, karna gue udah nyari sejak 8 tahun yang lalu.

Emang selama itukah kita harus nyari jawaban? Tapi, sampai hari ini, gue masih mempertanyakan penyebab mantan gue mutusin gue tahun 2012 yang lalu. Udah 11 tahun gue belum ketemu jawabannya, setidaknya ga memuaskan lah buat gue.

Oke, balik lagi ke jawaban dari pertanyaan gue di awal.

Akhirnya gue tau kenapa orang tua gue ga ngebantuin nyariin kerjaan: biar gue punya pilihan hidup sendiri.

Biar gue lebih punya arah tujuan hidup yang jelas. Karna selama ini hampir seluruh hidup gue diarahi sama mereka. Meskipun kalo soal pendidikan kita emang sejalur. Tapi dibeberapa bidang kehidupan gue sama orang tua gue tuh beda.

Contohnya kayak kerjaan deh, mereka tu pengennya yang deket-deket aja. Sementara gue maunya merantau. Itu juga yang bikin gue ngotot untuk daftar CPNS penempatan Kementerian pusat. Karna gue mikir, kalo kelamaan hidup sama orang tua terus, entar ga punya survival skill yang mumpuni.

Jadi sebetulnya ga 100% gue ambil keputusan gue sendiri, sih. Mereka tetap punya bagian untuk ngarahin. Meskipun ngarahin, mereka tetap nyerahin keputusan akhirnya di gue, kecuali gue yang minta.

Gue baru sadar, kalo bisa memutuskan pilihan hidup sendiri itu ga ada di semua orang. Ini previllage yang underrated ke sekian yang gue temukan sejauh ini. Semakin sering ngambil keputusan, semakin jago kita nentuin mana yang lebih baik untuk kita. Tentu setiap keputusan ada baik dan buruknya. Tapi kita akan bisa memprediksi lebih baik, mana hal-hal buruk yang bisa kita tolelir ketika keputusan sudah diambil.

Untuk melatih hal itu, kita harus sering-sering dapat kesempatan untuk mengambil keputusan. Sesimpel mau makan, deh. Kalo lu ga tau harus makan dimana dan harus orang lain yang nentuin, kemungkinan untuk hal-hal yang lain juga akan begitu. Lu akan terus bergantung sama orang lain.

Lebih berbahaya kalo keputusan itu sangat mempengaruhi hidup lu, diputuskan oleh orang lain. Karna kalo keputusannya bener, lu akan makin bergantung sama orang lain. Tapi kalo keputusannya salah, lu akan nyalahin orang lain, padahal itu kan hidup lu sendiri.

Biasakan kalo untukmu sendiri, tentukanlah sendiri pilihanmu. Bisa aja kamu butuh pendapat orang lain, tapi ingat, keputusan akhirnya bukan ada di mereka. Pendapat orang lain digunakan untuk menambah point of view tentang hal yang lagi kamu bingungin.

BELAJAR DARI SEKARANG

Kalo kamu yang baca tulisan ini merasa masih bergantung sama orang lain untuk mengambil keputusan, belajarlah dari sekarang. Ga ada kata terlambat untuk belajar suatu hal. Apalagi untuk sesuatu yang menentukan masa depanmu.

Mulai berani untuk memilih langkahmu sendiri. Langkah pertama memang berat, tapi bukan berarti ga bisa, kan? Masa depanmu itu kamu sendiri yang tentukan arahnya. Orang lain hanya memandang, ga ikut nanggung penderitaanmu ketika menjalaninya.

Memahami dirimu sendiri adalah salah satu kunci untuk tau keputusan yang kamu ambil itu baik/buruk. Semakin kamu kenal sama karakter diri kamu, semakin kamu tau apa yang kamu butuhkan dan ga dibutuhkan. Hasil akhirya, akan bikin pengambilan keputusanmu makin mudah.

Kalo dirasa berat untuk mengambil keputusan yang besar, mulai dari yang kecil-kecil dulu. Sesederhana nentuin mau makan apa, tentukan sendiri mau makan dimana/makan apa. Sesederhana mau nonton film apa, tentukan sendiri untukmu.

Karna kamu ga bisa selalu bergantung dengan orang lain. Orang lain juga punya kesibukannya sendiri. Jangan nambahin kerjaan mereka dengan harus ikut mengambil keputusan untuk hidupmu. 

Pada akhirnya, cuman kamu sendiri yang ngejalanin semua keputusan itu. Orang lain cuman nonton dan ngasih perspektif lain aja. Kalo toh kamu-kamu juga yang ngejalaninnya, kamu harusnya ga perlu bergantung sama orang lain untuk nentuin keputusannya kan?

PANDAWARA ADALAH SIMBOL KEMALASAN PEMERINTAH DAN MASYARAKATNYA

Sejak gue kecil, isu kebersihan di Indonesia ini ga pernah ada habisnya. Persoalan sampah dan kebersihan lingkungan selalu ada di tiap tahun dan kayak ga pernah selesai masalahnya. Mau sebanyak apapun pemerintahnya ngadain program kebersihan, hasilnya ga signifikan juga.

Sampe gue kuliah dan skripsian ngebahas tentang pengangkutan sampah di kota ini, tetap aja ga kelar-kelar masalah sampah ini. Gue bingung, sebenarnya ngapain bangga-banggain julukan "negara dengan umat muslim terbanyak sedunia" itu?


Setau gue, kegiatannya umat muslim itu semuanya ga ada yang kotor. Tiap mau ibadah selalu bersuci dulu, 5 kali sehari minimal. Bahkan ada kalimat "Kebersihan adalah sebagian dari iman". Agak munafik buat gue. Karna kalimatnya cuman dipake pas mau ibadah doang. Kalo urusan yang lain mana peduli kebersihan.

Ngakunya doang muslim, tapi rumah tempat dia tinggal masih kotor. Sungai-sungai dibikin mampet gara-gara dia hobi buang sampah ke sana. Ntar kalo banjir gampang rumusnya: nyalah-nyalahin pemerintah ga becus ngurus warga.

Kebersihannya cuman "sebagian" doang, sih! Coba keseluruhan, mungkin akan beda hasilnya.

PANDAWARA

Lalu datanglah PANDAWARA, sekelompok pemuda penggerak asal Bandung yang fokus dimasalah sampah dan kebersihan lingkungan. Muncul pertengahan 2022 dengan membawa misi membersihkan pantai dan sungai di Indonesia. Misi yang sangat mulia.

Begitu mereka muncul, komentar gue "wah udah deh bakalan dimanfaatin ini". Karna gue tau, mayoritas orang Indonesia itu ga siap dan ga mau diedukasi dengan cara begini. Terlebih mereka yang udah tinggal di bantaran sungai bertahun-tahun.

Kemunculan mereka seolah-olah jadi "angin segar" untuk mempercepat penyelesaian masalah kebersihan negara ini. Kalo sampe ada orang yang mikir kayak begii, aneh banget sih! Karena udah jelas GA MUNGKIN!

Gue tanya deh, emang lu seyakin apa, masalah kebersihan dan sampah negara ini bisa diselesaikan sama 5 orang doang?

Kementerian berwenang, yang punya dinas-dinas di seluruh kabupaten di Indonesia, sampe hari ini aja masih ga bisa ngurus masalah ini. Apalagi PANDAWARA yang cuman 5 orang?


Apa yang dilakuin PANDAWARA ini bagus banget sebetulnya. Gue pun paham tujuan mereka, mengedukasi masyarakat lewat aksi nyata. Karna pemerintahnya banyakan sosialisasi sama rapat alias lamban. Aksi nyatanya masih kurang, nunggu viral dulu baru gerak.

Dari masyarakatnya juga ga jauh beda. PANDAWARA ngebersihin pantai/sungai kalian tu biar kalian sadar kalo lingkungan sekitar lu itu kotor! Malah ada aparat desanya yang  protes karna PANDAWARA ga izin mau ngebersihin pantai/sungainya.

Kalo nunggu izin dari lu pada, itu sungai/pantai ga akan pernah bersih! Emang kalo pake izin kalian bakalan ngasih izin? Pasti dilama-lamain kan ngurus izinnya? Padahal cuman mau ngebersihin lingkungan kalian doang.

BIKIN MAKIN MALES

Sejauh ini, reaksi marah tu udah paling aneh yang gue baca. Masyarakat daerah lain justru menyambut baik kehadiran pemuda-pemuda PANDAWARA ini. Awalnya sih gue sempat berharap banyak, masyarakat bisa tercerahkan dengan adanya mereka.

Ternyata ekspektasi gue ketinggian. Masih jauh dari harapan untuk bisa melihat masyarakat Indonesia bisa tergerak hatinya. Bukannya teredukasi dan tergerak, PANDAWARA ternyata bikin mereka tambah males!

Beberapa hari setelah ngebersihin sungai/pantainya, sampahnya numpuk lagi! Artinya kesadaran masyarakat sekitar untuk ngejagain lingkungannya masih rendah banget! Kehadiran PANDAWARA bikin mereka justru makin males!



Pola pikir mayoritas masyarakat Indonesia ini "kalo ada orang lain yang ngerjain, ngapain harus saya" termasuk sama lingkungannya sendiri.

Pemerintahnya ga jauh beda. Kehadiran PANDAWARA bukannya malu karna itu seharusnya kewajiban dia, malah ga ada reaksinya. Nanti pasti ngasih penghargaan karna katanya sudah membantu pemerintah. Ngasih penghargaan doang, biar keliatan kerjanya. Padahal itu kan tugasnya mereka, bukan PANDAWARA.

Ngasih penghargaan itu bukan kerja. Kalo lu males dan pengen orang lain yang ngerjain, kasih anggaran daerah lu yang gede itu ke mereka, biar mereka yang kerja! Pasti kerja kalo mereka. Kalo lu lu pada kan keliatannya doang kerja, padahal kaga.

Ga ada artinya ngasih penghargaan itu kalo ga ada tindak lanjutnya dari pemerintah! Kan yang punya sumberdaya paling banyak pemerintah. Dari sisi anggaran, peralatan, jejaring dan lainnya. Ntar giliran anak muda ini didanain sama asing dibilang ga cinta Indonesia. Ntar giliran ada donasi dari pihak barat bilangnya ada intervensi.

Masa kontribusi lu cuman ngasih penghargaan doang? Puja-puji mulut manis doang? Ga ngefek kalo cuman air liur doang yang lu keluarin! Kontribusi kok pujian? Kontribusi kok ngasih penghargaan? Kocak juga lu pemerintah!

EPILOG

Gue tau yang baca tulisan ini komentar pertamanya pasti "trus kontribusi lu apa? Jangan cuman teriak-teriak doang dong, kasih solusinya juga".

Gini ya, spakbor becak, tugas kita nih sebagai masyarakat biasa, ngawasin pemerintah dan kalo ada yang ga beres kita teriakin. Kalo disuruh nyari solusi juga, ngapain ada pemerintah kalo begitu? Kan gue dah bilang di atas, kalo sumberdayanya itu paling banyak ada di pemerintah. Barti solusinya juga datangnya dari sana!

Kalo masyarakatnya juga yang disuruh nyari solusi, mending bubarin aja itu instansi-intansi di kabupaten/kota. Percuma ngegaji mereka tiap bulan dari duit pajak kalo ujung-ujungnya kita juga yang kerja.

Gue kan udah bayar pajak nih, jadi hak gue untuk ngawasin orang-orang yang makan dari duit pajak gue ngapain aja kerjanya. Kalo kerjanya ga bener, ya gue teriakin lah! Masa gue diem aje!?

Kalo sekadar rapat-rapat, sosialisasi melulu sih namanya ga ada inovasi sama sekali, dong? Cari yang lebih berdampak gitu.

Menurut gue sih, karna mayoritas masyarakat di Indonesia ini masih miskin, gue sarankan kasih ilmu kebersihan lingkungan yang bisa jadi duit buat mereka. Selain itu, kasih juga hukuman yang bikin warganya tambah miskin. Karna setau gue, orang Indo ini lebih takut terlihat miskin daripada mati.

Gue sangat apresiasi keberadaan PANDAWARA di tengah masyarakat. Tapi gue ga rela kalo mereka dimanfaatin masyarakat dan pemerintah pemalas! Mereka ada karna mereka peduli, tapi bukan berarti mereka bisa dimanfaatin dong!!

Keberadaan PANDAWARA bukan menghilangkan tugas dan kewajiban pemerintah untuk menyediakan tempat hidup yang layak buat masyarakatnya. PANDAWARA ada buat masyarakat bukan untuk jadi "pembantu" buat mereka. 

Harusnya kalian malu, karna harus nunggu orang lain gerak dulu baru lingkungan lu bersih!

CARA JADI BLOGGER: CARA MUDAH MENENTUKAN IDE TULISAN

Setelah kamu ngelakuin langkah pertama menjad blogger, langkah berikutnya adalah: mulai menulis! Jadi jangan cuman dibaca doang tulisannya, tapi juga dilakuin segera! Ini buat yang mau jadi blogger aja, kalo ga mau terserah!

CARA JADI BLOGGER CARA MUDAH MENENTUKAN IDE TULISAN
Nah, langkah berikutnya kamu harus mulai nulis di blogmu! Gimana orang bisa tau kamu punya blog tapi kamu ga pernah nulis apapun? Kayak disuruh mampir ke rumah ternyata yang didatangin masih tanah kosong, rumahnya belum jadi.

APA YANG HARUS DITULIS DI BLOG?

Awal-awal pasti bingung mau nulis apaan. Sama kok saya juga kayak gitu, bahkan terkadang sesekali masih ngalamin kayak gini. Wajar banget, kok, gausah khawatir. Semoga tulisan saya kali ini bisa ngebantu kamu jadi lebih mudah menentukan topik/ide untuk nulis di blogmu.

Hal yang perlu diingat ketika menulis di blog: kamu ga perlu terlalu kaku harus ngikutin aturan-aturan penulisan. Itu ntar aja dipikirinnya, kalo udah lancar nulisnya. Tapi, kalo kamu emang pengen konsisten nerapin aturan penulisan, silakan aja diikutin. Semakin disiplin nerapin aturannya, semakin terbentuk kebiasaan nulisnya.

Kalo saya sendiri sih kadang ngikutin aturan, kadang ga. Saya yang penting nulisnya dulu aja deh! Ga mau terlalu terkekang sama aturan baku penulisan. Karna ini kan blog sederhana aja, bukan jurnal ilmiah atau dokumen resmi. Tapi ga ada salahnya ngikutin aturan meskipun "hanya" blog sederhana, ya.

Trus gimana cara mudah menentukan ide tulisan di blog?

INNER SELF

Saya dapat insight ini dari video Raditya Dika ngajarin bikin materi stand up comedy. Dia bilang cara paling gampang untuk menulis materi stand up adalah dengan melihat ke diri sendiri dulu. Karna itu akan bikin tulisanmu jadi unik. Ga ada yang bisa meniru dirimu sendiri, karna tiap orang beda-beda.

Inner Self adalah melihat apa yang ada di dirimu. Entah itu secara fisik ataupun psikismu. Fisik itu dari bentuk tubuh, warna kulit, wajah, pokoknya yang ada hubungan sama badanmu. Psikis itu lebih ke dalam badannya, entah itu sifatmu, kelainan organ tubuhmu, penyakit ataupun yang lain.

Intinya inner self itu bicara tentang apa adanya dirimu. Sebadan-badan, sesifat-sifatnya kamu, apapun yang lagi kamu rasakan, bukan orang lain ataupun keluargamu. Nanti ada bagiannya sendiri untuk itu.

Kalo kamu ngeliat hal yang dekat dengan dirimu, kamu akan lebih mudah menceritakannya. Anggap aja ketika nulis itu kamu lagi ngobrol sama orang. Apa yang kamu tuliskan itu kayak kamu lagi cerita aja. Ceritakan tentang dirimu sendiri, mau yang sedih atau senang bebas sesukamu aja.

Kalo menurutku, semakin kamu "kenal" sama inner self-mu, semakin ngerti kamu tentang dirimu sendiri. Pada akhirnya nanti kamu akan menyadari bahwa ada keadaan-keadaan yang membuatmu akan berdamai dengan hal itu. Semakin kamu berdamai dengan keadaan dirimu, semakin secure kamu terhadap diri sendiri.

Percaya, deh, kalo kamu secure sama dirimu, kamu ga akan gampang tersinggung sama omongan orang lain. Buktiin sendiri kalo ga percaya.

OUTER SELF

KIta bergerak lagi ke arah luar diri sendiri, istilahnya adalah outer self. Kalo yang tadi tentang dari dalam diri, sekarang yang ada di luar dirimu. Misalnya keluargamu, bapak/ibumu, adek/kakamu, pasanganmu, kerjaanmu ataupun yang lainnya.

Outer self bicara tentang keadaan/orang-orang di sekitar dirimu. Pokoknya ngomongin yang ga ada hubungannya dengan fisikmu, deh! Ini biasanya lebih gampang nyeritainnya. Terlebih untuk kamu yang suka ngomongin orang. Topik outer self cocok banget buatmu.

Terkadang, untuk menulis topik yang outer self memerlukan kepekaan yang lebih. Karna bisa aja, ada momen dimana kita ada di kejadian itu tapi lupa untuk dituliskan. Kepekaanmu akan diuji untuk bisa menemukan topik yang tepat untuk diangkat di outer self ini.

Cobalah sering-sering melatih dirimu untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitarmu. Mulailah menuliskan kejadian-kejadian kecil di sekitarmu. Bisa ditulis di memo hp atau langsung tulis di blog. Nanti lama-lama kamu akan terlatih sendiri untuk bisa merasakan momen yang bisa dijadikan topik tulisanmu berikutnya.

THE WORLD WITHIN

Nah kalo yang ini kamu bisa explore seluas-luasnya apa yang ingin kamu tuliskan. Karna the world within ini topik yang ada di dunia, entah itu sekitar kamu ataupun lebih jauh lagi. Kombinasikan hal-hal yang lagi terjadi di dunia yang relevan dengan opini kamu terhadap kejadian itu.

Kamu bisa komentarin yang lagi viral saat ini. Topik yang lagi trending biasanya bakalan banyak dicari sama orang, tapi kamu harus cepet nulisnya. Kalo kamu tipe nulisnya sama kayak saya, yang lambat perlu beberapa hari untuk jadiin satu tulisan, ngebahas topik viral kayak begini cukup berat.

Aku sarankan diawal coba komentarin hal-hal yang kamu emang ngerti dan tau sama topiknya. Biar komentarnya berbobot dan pembahasannya juga mendalam. Siapa tau tulisan kamu viral, dan banyak yang komen di tulisanmu, kamu udah punya argumen balasan karna kamu tau apa yang dibahas.

Nah, aku udah kasih tau 3 cara paling gampang untuk bisa nentuin topik tulisanmu. Aku yakin kamu bisa langsung bikin tulisan pertamamu setelah baca artikel ini. Nanti kalo udah diposting di blogmu, copas tulisannya di kolom komentar, ya!

MAAFKAN SEDIKIT KEBAIKAN INI

Beberapa minggu terakhir lagi rame banget lagunya Sal Priadi - Gala Bunga Matahari. Lagu baru yang bikin keinget tentang orang yang udah ngedahuluin kita, pulang ke tempatNya. Bikin gue keinget lagi sama kematian.

Udah sejak setaun terakhir kayaknya perasaan kematian ini mulai ada di gue. Sedikit membingungkan, ini perasaan akan ditinggalkan atau meninggalkan, ya?

Mau yang manapun itu, sebisa mungkin gue nyiapin mental untuk kedua keadaan itu. Entah menjadi yang ditinggalkan ataupun yang meninggalkan. Menurut gue, itu perlu dilakuin sejak jauh-jauh hari. Biar ga "kaget" kalo misalnya beneran kejadian salah satunya.

Lu ada yang kayak gue juga ga?

Hal yang paling gue takutkan kalo gua meninggalkan adalah yang nganterin gue itu ga banyak. Gue selalu kagum sama orang-orang yang ketika dia udah meninggalkan itu yang nganterin banyaaakkk bangeettt. Gue juga pengen kayak gitu juga suatu hari.

Kalo ditarik mundur ke belakang, kita bisa tau penyebabnya. Orang itu, semasa hidupnya pasti banyak berbuat kebaikan buat orang lain. Ketika orang berbuat kebaikan, maka kebaikan itu akan membekas pada orang yang dia bantuin.

Nah gue sadar, kebaikan yang gue lakuin ini masih dikit banget. Gue sadar, masih ada jahatnya sama orang. Kalo ngebandingin kebaikan yang orang lain lakuin ke gue. Udah temen sedikit, masa yang nganterin gue ntar juga dikit?

 Apa yang terjadi sama gue hari ini, ga lepas dari perlakuan gue ke orang lain di masa lalu. Memaafkan terkadang gampang, tapi mengingat apa yang pernah orang lain lakukan ke gue ga bisa ngelupain begitu aja.

Melalui tulisan ini, izinkan gue meminta maaf dengan setulus hati kepada siapapun yang pernah merasa dijahati, didzalimi ataupun diperlakukan tidak menyenangkan selama berinteraksi dengan gue.

Maafkan gue karna ga bisa nyamperin kalian satu per satu untuk meminta maaf secara langsung. Kalo ada waktu dan kesempatan, gue akan langsung minta maaf ke kalian semua.

Semoga tulisan ini bisa jadi perwakilan gue, tanpa mengurangi ketulusan meminta maaf gue buat kalian.

Gue banyak salah sama kalian semua. Siapapun yang merasa, gue minta maaf, ya. Gue memang emosional orangnya. Sekarang udah mulai bisa kontrol apa yang diucap dan dilakukan. Semoga ga terlambat untuk terus belajar.

Gue kepinginnya bisa meninggalkan kebaikan-kebaikan kecil yang bisa kalian bawa kemanapun kalian pergi. Ketika kalian melakukan kebaikan itu, gue berharap hal itu membuat kalian inget sama gue sebagai orang yang baik juga.

Kalo lu ngeliat postingan/konten yang jelek-jelek dari gue, report postingan itu sampe bisa dihapus. Kalo postingannya ga bisa dihapus, gue minta maaf kalo udah nyebar keburukan, ya. Sebisa mungkin gue akan mulai bersihin postingan-postingan yang negatif, yang bisa bikin gue jadi nambahin dosa atau bikin lu jadi makin marah sama gue.

Rasanya masih banyak kebaikan yang belum gue bagikan. Maafkan karna masih sedikit kebaikan yang gue sebarkan. Kalo lu punya ide/saran topik yang mau dibahas, tulis aja di komentar, ya!

AKANKAH SEMUA PERTANYAAN TEMUKAN JAWABNYA?

Lu pasti pernah punya pertanyaan tapi ga ada yang bisa ngejawab, kan? Lu penasaran banget sampe cari sendiri jawabannya juga ga ketemu. Akhirnya lu ngebiarin rasa penasaran itu menggantung tanpa jawaban. 

Ada 1 bait lirik lagu Gala Bunga Matahari yang bikin gue penasaran. Liriknya "semua pertanyaan, temukan jawaban".

Buat gue yang rasa penasarannya tinggi, ini semacam secercah harapan yang muncul. Lalu dari pernyataan itu, timbul pertanyaan: "emang bener semua pertanyaan gue bakalan terjawab?" Nah lo penasaran lagi, kan!?

Ribet ya jadi orang penasaran? Terlebih kalo kita "digoda" karna ada jawabannya, apa ga tergiur digituin? Gue awalnya tergiur juga, sih. Tapi gue mikir, emang beneran terjawab ya?

Ini pertanyaan kritis: "emang beneran dijawab ya kalo misalnya kita meninggalkan?" Gue ga peduli lu menafsirkan pertanyaan ini kayak gimana. Ini murni rasa penasaran aja, karna ga ada yang bisa ngebuktiin ke gue. 

Sampai sekarang ga ada manusia yang bisa balik lagi ke dunia setelah meninggalkan, kan? Dia ga bisa nyeritain apakah semua pertanyaan kita akan temukan jawaban di sana jadinya. 

Eh tapi ya, mau itu pertanyaan terjawab atau ga, gue sih pengen meninggalkan tanpa merepotkan yang ditinggalkan. Semoga bisa kayak gitu, ya. Masa hidup udah ngerepotin pas ninggalin masih juga ngerepotin orang lain, ya ga?