CARA JADI BLOGGER: CARA MUDAH MENENTUKAN IDE TULISAN

Setelah kamu ngelakuin langkah pertama menjad blogger, langkah berikutnya adalah: mulai menulis! Jadi jangan cuman dibaca doang tulisannya, tapi juga dilakuin segera! Ini buat yang mau jadi blogger aja, kalo ga mau terserah!

CARA JADI BLOGGER CARA MUDAH MENENTUKAN IDE TULISAN
Nah, langkah berikutnya kamu harus mulai nulis di blogmu! Gimana orang bisa tau kamu punya blog tapi kamu ga pernah nulis apapun? Kayak disuruh mampir ke rumah ternyata yang didatangin masih tanah kosong, rumahnya belum jadi.

APA YANG HARUS DITULIS DI BLOG?

Awal-awal pasti bingung mau nulis apaan. Sama kok saya juga kayak gitu, bahkan terkadang sesekali masih ngalamin kayak gini. Wajar banget, kok, gausah khawatir. Semoga tulisan saya kali ini bisa ngebantu kamu jadi lebih mudah menentukan topik/ide untuk nulis di blogmu.

Hal yang perlu diingat ketika menulis di blog: kamu ga perlu terlalu kaku harus ngikutin aturan-aturan penulisan. Itu ntar aja dipikirinnya, kalo udah lancar nulisnya. Tapi, kalo kamu emang pengen konsisten nerapin aturan penulisan, silakan aja diikutin. Semakin disiplin nerapin aturannya, semakin terbentuk kebiasaan nulisnya.

Kalo saya sendiri sih kadang ngikutin aturan, kadang ga. Saya yang penting nulisnya dulu aja deh! Ga mau terlalu terkekang sama aturan baku penulisan. Karna ini kan blog sederhana aja, bukan jurnal ilmiah atau dokumen resmi. Tapi ga ada salahnya ngikutin aturan meskipun "hanya" blog sederhana, ya.

Trus gimana cara mudah menentukan ide tulisan di blog?

INNER SELF

Saya dapat insight ini dari video Raditya Dika ngajarin bikin materi stand up comedy. Dia bilang cara paling gampang untuk menulis materi stand up adalah dengan melihat ke diri sendiri dulu. Karna itu akan bikin tulisanmu jadi unik. Ga ada yang bisa meniru dirimu sendiri, karna tiap orang beda-beda.

Inner Self adalah melihat apa yang ada di dirimu. Entah itu secara fisik ataupun psikismu. Fisik itu dari bentuk tubuh, warna kulit, wajah, pokoknya yang ada hubungan sama badanmu. Psikis itu lebih ke dalam badannya, entah itu sifatmu, kelainan organ tubuhmu, penyakit ataupun yang lain.

Intinya inner self itu bicara tentang apa adanya dirimu. Sebadan-badan, sesifat-sifatnya kamu, apapun yang lagi kamu rasakan, bukan orang lain ataupun keluargamu. Nanti ada bagiannya sendiri untuk itu.

Kalo kamu ngeliat hal yang dekat dengan dirimu, kamu akan lebih mudah menceritakannya. Anggap aja ketika nulis itu kamu lagi ngobrol sama orang. Apa yang kamu tuliskan itu kayak kamu lagi cerita aja. Ceritakan tentang dirimu sendiri, mau yang sedih atau senang bebas sesukamu aja.

Kalo menurutku, semakin kamu "kenal" sama inner self-mu, semakin ngerti kamu tentang dirimu sendiri. Pada akhirnya nanti kamu akan menyadari bahwa ada keadaan-keadaan yang membuatmu akan berdamai dengan hal itu. Semakin kamu berdamai dengan keadaan dirimu, semakin secure kamu terhadap diri sendiri.

Percaya, deh, kalo kamu secure sama dirimu, kamu ga akan gampang tersinggung sama omongan orang lain. Buktiin sendiri kalo ga percaya.

OUTER SELF

KIta bergerak lagi ke arah luar diri sendiri, istilahnya adalah outer self. Kalo yang tadi tentang dari dalam diri, sekarang yang ada di luar dirimu. Misalnya keluargamu, bapak/ibumu, adek/kakamu, pasanganmu, kerjaanmu ataupun yang lainnya.

Outer self bicara tentang keadaan/orang-orang di sekitar dirimu. Pokoknya ngomongin yang ga ada hubungannya dengan fisikmu, deh! Ini biasanya lebih gampang nyeritainnya. Terlebih untuk kamu yang suka ngomongin orang. Topik outer self cocok banget buatmu.

Terkadang, untuk menulis topik yang outer self memerlukan kepekaan yang lebih. Karna bisa aja, ada momen dimana kita ada di kejadian itu tapi lupa untuk dituliskan. Kepekaanmu akan diuji untuk bisa menemukan topik yang tepat untuk diangkat di outer self ini.

Cobalah sering-sering melatih dirimu untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitarmu. Mulailah menuliskan kejadian-kejadian kecil di sekitarmu. Bisa ditulis di memo hp atau langsung tulis di blog. Nanti lama-lama kamu akan terlatih sendiri untuk bisa merasakan momen yang bisa dijadikan topik tulisanmu berikutnya.

THE WORLD WITHIN

Nah kalo yang ini kamu bisa explore seluas-luasnya apa yang ingin kamu tuliskan. Karna the world within ini topik yang ada di dunia, entah itu sekitar kamu ataupun lebih jauh lagi. Kombinasikan hal-hal yang lagi terjadi di dunia yang relevan dengan opini kamu terhadap kejadian itu.

Kamu bisa komentarin yang lagi viral saat ini. Topik yang lagi trending biasanya bakalan banyak dicari sama orang, tapi kamu harus cepet nulisnya. Kalo kamu tipe nulisnya sama kayak saya, yang lambat perlu beberapa hari untuk jadiin satu tulisan, ngebahas topik viral kayak begini cukup berat.

Aku sarankan diawal coba komentarin hal-hal yang kamu emang ngerti dan tau sama topiknya. Biar komentarnya berbobot dan pembahasannya juga mendalam. Siapa tau tulisan kamu viral, dan banyak yang komen di tulisanmu, kamu udah punya argumen balasan karna kamu tau apa yang dibahas.

Nah, aku udah kasih tau 3 cara paling gampang untuk bisa nentuin topik tulisanmu. Aku yakin kamu bisa langsung bikin tulisan pertamamu setelah baca artikel ini. Nanti kalo udah diposting di blogmu, copas tulisannya di kolom komentar, ya!

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.