MAAFKAN SEDIKIT KEBAIKAN INI

Beberapa minggu terakhir lagi rame banget lagunya Sal Priadi - Gala Bunga Matahari. Lagu baru yang bikin keinget tentang orang yang udah ngedahuluin kita, pulang ke tempatNya. Bikin gue keinget lagi sama kematian.

Udah sejak setaun terakhir kayaknya perasaan kematian ini mulai ada di gue. Sedikit membingungkan, ini perasaan akan ditinggalkan atau meninggalkan, ya?

Mau yang manapun itu, sebisa mungkin gue nyiapin mental untuk kedua keadaan itu. Entah menjadi yang ditinggalkan ataupun yang meninggalkan. Menurut gue, itu perlu dilakuin sejak jauh-jauh hari. Biar ga "kaget" kalo misalnya beneran kejadian salah satunya.

Lu ada yang kayak gue juga ga?

Hal yang paling gue takutkan kalo gua meninggalkan adalah yang nganterin gue itu ga banyak. Gue selalu kagum sama orang-orang yang ketika dia udah meninggalkan itu yang nganterin banyaaakkk bangeettt. Gue juga pengen kayak gitu juga suatu hari.

Kalo ditarik mundur ke belakang, kita bisa tau penyebabnya. Orang itu, semasa hidupnya pasti banyak berbuat kebaikan buat orang lain. Ketika orang berbuat kebaikan, maka kebaikan itu akan membekas pada orang yang dia bantuin.

Nah gue sadar, kebaikan yang gue lakuin ini masih dikit banget. Gue sadar, masih ada jahatnya sama orang. Kalo ngebandingin kebaikan yang orang lain lakuin ke gue. Udah temen sedikit, masa yang nganterin gue ntar juga dikit?

 Apa yang terjadi sama gue hari ini, ga lepas dari perlakuan gue ke orang lain di masa lalu. Memaafkan terkadang gampang, tapi mengingat apa yang pernah orang lain lakukan ke gue ga bisa ngelupain begitu aja.

Melalui tulisan ini, izinkan gue meminta maaf dengan setulus hati kepada siapapun yang pernah merasa dijahati, didzalimi ataupun diperlakukan tidak menyenangkan selama berinteraksi dengan gue.

Maafkan gue karna ga bisa nyamperin kalian satu per satu untuk meminta maaf secara langsung. Kalo ada waktu dan kesempatan, gue akan langsung minta maaf ke kalian semua.

Semoga tulisan ini bisa jadi perwakilan gue, tanpa mengurangi ketulusan meminta maaf gue buat kalian.

Gue banyak salah sama kalian semua. Siapapun yang merasa, gue minta maaf, ya. Gue memang emosional orangnya. Sekarang udah mulai bisa kontrol apa yang diucap dan dilakukan. Semoga ga terlambat untuk terus belajar.

Gue kepinginnya bisa meninggalkan kebaikan-kebaikan kecil yang bisa kalian bawa kemanapun kalian pergi. Ketika kalian melakukan kebaikan itu, gue berharap hal itu membuat kalian inget sama gue sebagai orang yang baik juga.

Kalo lu ngeliat postingan/konten yang jelek-jelek dari gue, report postingan itu sampe bisa dihapus. Kalo postingannya ga bisa dihapus, gue minta maaf kalo udah nyebar keburukan, ya. Sebisa mungkin gue akan mulai bersihin postingan-postingan yang negatif, yang bisa bikin gue jadi nambahin dosa atau bikin lu jadi makin marah sama gue.

Rasanya masih banyak kebaikan yang belum gue bagikan. Maafkan karna masih sedikit kebaikan yang gue sebarkan. Kalo lu punya ide/saran topik yang mau dibahas, tulis aja di komentar, ya!

AKANKAH SEMUA PERTANYAAN TEMUKAN JAWABNYA?

Lu pasti pernah punya pertanyaan tapi ga ada yang bisa ngejawab, kan? Lu penasaran banget sampe cari sendiri jawabannya juga ga ketemu. Akhirnya lu ngebiarin rasa penasaran itu menggantung tanpa jawaban. 

Ada 1 bait lirik lagu Gala Bunga Matahari yang bikin gue penasaran. Liriknya "semua pertanyaan, temukan jawaban".

Buat gue yang rasa penasarannya tinggi, ini semacam secercah harapan yang muncul. Lalu dari pernyataan itu, timbul pertanyaan: "emang bener semua pertanyaan gue bakalan terjawab?" Nah lo penasaran lagi, kan!?

Ribet ya jadi orang penasaran? Terlebih kalo kita "digoda" karna ada jawabannya, apa ga tergiur digituin? Gue awalnya tergiur juga, sih. Tapi gue mikir, emang beneran terjawab ya?

Ini pertanyaan kritis: "emang beneran dijawab ya kalo misalnya kita meninggalkan?" Gue ga peduli lu menafsirkan pertanyaan ini kayak gimana. Ini murni rasa penasaran aja, karna ga ada yang bisa ngebuktiin ke gue. 

Sampai sekarang ga ada manusia yang bisa balik lagi ke dunia setelah meninggalkan, kan? Dia ga bisa nyeritain apakah semua pertanyaan kita akan temukan jawaban di sana jadinya. 

Eh tapi ya, mau itu pertanyaan terjawab atau ga, gue sih pengen meninggalkan tanpa merepotkan yang ditinggalkan. Semoga bisa kayak gitu, ya. Masa hidup udah ngerepotin pas ninggalin masih juga ngerepotin orang lain, ya ga?

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.