PANDAWARA ADALAH SIMBOL KEMALASAN PEMERINTAH DAN MASYARAKATNYA

Sejak gue kecil, isu kebersihan di Indonesia ini ga pernah ada habisnya. Persoalan sampah dan kebersihan lingkungan selalu ada di tiap tahun dan kayak ga pernah selesai masalahnya. Mau sebanyak apapun pemerintahnya ngadain program kebersihan, hasilnya ga signifikan juga.

Sampe gue kuliah dan skripsian ngebahas tentang pengangkutan sampah di kota ini, tetap aja ga kelar-kelar masalah sampah ini. Gue bingung, sebenarnya ngapain bangga-banggain julukan "negara dengan umat muslim terbanyak sedunia" itu?


Setau gue, kegiatannya umat muslim itu semuanya ga ada yang kotor. Tiap mau ibadah selalu bersuci dulu, 5 kali sehari minimal. Bahkan ada kalimat "Kebersihan adalah sebagian dari iman". Agak munafik buat gue. Karna kalimatnya cuman dipake pas mau ibadah doang. Kalo urusan yang lain mana peduli kebersihan.

Ngakunya doang muslim, tapi rumah tempat dia tinggal masih kotor. Sungai-sungai dibikin mampet gara-gara dia hobi buang sampah ke sana. Ntar kalo banjir gampang rumusnya: nyalah-nyalahin pemerintah ga becus ngurus warga.

Kebersihannya cuman "sebagian" doang, sih! Coba keseluruhan, mungkin akan beda hasilnya.

PANDAWARA

Lalu datanglah PANDAWARA, sekelompok pemuda penggerak asal Bandung yang fokus dimasalah sampah dan kebersihan lingkungan. Muncul pertengahan 2022 dengan membawa misi membersihkan pantai dan sungai di Indonesia. Misi yang sangat mulia.

Begitu mereka muncul, komentar gue "wah udah deh bakalan dimanfaatin ini". Karna gue tau, mayoritas orang Indonesia itu ga siap dan ga mau diedukasi dengan cara begini. Terlebih mereka yang udah tinggal di bantaran sungai bertahun-tahun.

Kemunculan mereka seolah-olah jadi "angin segar" untuk mempercepat penyelesaian masalah kebersihan negara ini. Kalo sampe ada orang yang mikir kayak begii, aneh banget sih! Karena udah jelas GA MUNGKIN!

Gue tanya deh, emang lu seyakin apa, masalah kebersihan dan sampah negara ini bisa diselesaikan sama 5 orang doang?

Kementerian berwenang, yang punya dinas-dinas di seluruh kabupaten di Indonesia, sampe hari ini aja masih ga bisa ngurus masalah ini. Apalagi PANDAWARA yang cuman 5 orang?


Apa yang dilakuin PANDAWARA ini bagus banget sebetulnya. Gue pun paham tujuan mereka, mengedukasi masyarakat lewat aksi nyata. Karna pemerintahnya banyakan sosialisasi sama rapat alias lamban. Aksi nyatanya masih kurang, nunggu viral dulu baru gerak.

Dari masyarakatnya juga ga jauh beda. PANDAWARA ngebersihin pantai/sungai kalian tu biar kalian sadar kalo lingkungan sekitar lu itu kotor! Malah ada aparat desanya yang  protes karna PANDAWARA ga izin mau ngebersihin pantai/sungainya.

Kalo nunggu izin dari lu pada, itu sungai/pantai ga akan pernah bersih! Emang kalo pake izin kalian bakalan ngasih izin? Pasti dilama-lamain kan ngurus izinnya? Padahal cuman mau ngebersihin lingkungan kalian doang.

BIKIN MAKIN MALES

Sejauh ini, reaksi marah tu udah paling aneh yang gue baca. Masyarakat daerah lain justru menyambut baik kehadiran pemuda-pemuda PANDAWARA ini. Awalnya sih gue sempat berharap banyak, masyarakat bisa tercerahkan dengan adanya mereka.

Ternyata ekspektasi gue ketinggian. Masih jauh dari harapan untuk bisa melihat masyarakat Indonesia bisa tergerak hatinya. Bukannya teredukasi dan tergerak, PANDAWARA ternyata bikin mereka tambah males!

Beberapa hari setelah ngebersihin sungai/pantainya, sampahnya numpuk lagi! Artinya kesadaran masyarakat sekitar untuk ngejagain lingkungannya masih rendah banget! Kehadiran PANDAWARA bikin mereka justru makin males!



Pola pikir mayoritas masyarakat Indonesia ini "kalo ada orang lain yang ngerjain, ngapain harus saya" termasuk sama lingkungannya sendiri.

Pemerintahnya ga jauh beda. Kehadiran PANDAWARA bukannya malu karna itu seharusnya kewajiban dia, malah ga ada reaksinya. Nanti pasti ngasih penghargaan karna katanya sudah membantu pemerintah. Ngasih penghargaan doang, biar keliatan kerjanya. Padahal itu kan tugasnya mereka, bukan PANDAWARA.

Ngasih penghargaan itu bukan kerja. Kalo lu males dan pengen orang lain yang ngerjain, kasih anggaran daerah lu yang gede itu ke mereka, biar mereka yang kerja! Pasti kerja kalo mereka. Kalo lu lu pada kan keliatannya doang kerja, padahal kaga.

Ga ada artinya ngasih penghargaan itu kalo ga ada tindak lanjutnya dari pemerintah! Kan yang punya sumberdaya paling banyak pemerintah. Dari sisi anggaran, peralatan, jejaring dan lainnya. Ntar giliran anak muda ini didanain sama asing dibilang ga cinta Indonesia. Ntar giliran ada donasi dari pihak barat bilangnya ada intervensi.

Masa kontribusi lu cuman ngasih penghargaan doang? Puja-puji mulut manis doang? Ga ngefek kalo cuman air liur doang yang lu keluarin! Kontribusi kok pujian? Kontribusi kok ngasih penghargaan? Kocak juga lu pemerintah!

EPILOG

Gue tau yang baca tulisan ini komentar pertamanya pasti "trus kontribusi lu apa? Jangan cuman teriak-teriak doang dong, kasih solusinya juga".

Gini ya, spakbor becak, tugas kita nih sebagai masyarakat biasa, ngawasin pemerintah dan kalo ada yang ga beres kita teriakin. Kalo disuruh nyari solusi juga, ngapain ada pemerintah kalo begitu? Kan gue dah bilang di atas, kalo sumberdayanya itu paling banyak ada di pemerintah. Barti solusinya juga datangnya dari sana!

Kalo masyarakatnya juga yang disuruh nyari solusi, mending bubarin aja itu instansi-intansi di kabupaten/kota. Percuma ngegaji mereka tiap bulan dari duit pajak kalo ujung-ujungnya kita juga yang kerja.

Gue kan udah bayar pajak nih, jadi hak gue untuk ngawasin orang-orang yang makan dari duit pajak gue ngapain aja kerjanya. Kalo kerjanya ga bener, ya gue teriakin lah! Masa gue diem aje!?

Kalo sekadar rapat-rapat, sosialisasi melulu sih namanya ga ada inovasi sama sekali, dong? Cari yang lebih berdampak gitu.

Menurut gue sih, karna mayoritas masyarakat di Indonesia ini masih miskin, gue sarankan kasih ilmu kebersihan lingkungan yang bisa jadi duit buat mereka. Selain itu, kasih juga hukuman yang bikin warganya tambah miskin. Karna setau gue, orang Indo ini lebih takut terlihat miskin daripada mati.

Gue sangat apresiasi keberadaan PANDAWARA di tengah masyarakat. Tapi gue ga rela kalo mereka dimanfaatin masyarakat dan pemerintah pemalas! Mereka ada karna mereka peduli, tapi bukan berarti mereka bisa dimanfaatin dong!!

Keberadaan PANDAWARA bukan menghilangkan tugas dan kewajiban pemerintah untuk menyediakan tempat hidup yang layak buat masyarakatnya. PANDAWARA ada buat masyarakat bukan untuk jadi "pembantu" buat mereka. 

Harusnya kalian malu, karna harus nunggu orang lain gerak dulu baru lingkungan lu bersih!

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.