PILIH PILIHAN HIDUP SENDIRI

Akhir-akhir ini gue sering menanyakan hal-hal yang mungkin buat lu ga penting. Tapi entah kenapa pertanyaan ini selalu ada di kepala. Kayak kemaren ada pertanyaan "ngejar apaan si, mesti nyampe kantor 15 menit sebelum jam masuk?"

Sekarang ada lagi yang baru: "Kenapa ya ortu gue ga bantuin gue nyariin kerjaan?"

Sejak lulus kuliah gue usaha sendiri nyari kerjaan. Habis lulus, 6 bulan gue baru dapat kerja pertama. Itu pun dapat kontrak 6 bulan doang awalnya. Hasil usaha sendiri, nyari-nyari info lowongan kerja. Kalo ga rajin mantau grup alumni kuliah, ga bakalan dapet itu kerjaan.

Kerjaan yang gue dapat pertama kali, sesuai sama background pendidikan gue selama ini. Ternyata, sesuai juga sama passion gue yang ketemu pas lagi kuliah: nulis.

Sampai hari ini gue dapet kerjaan terbaru, semuanya atas usaha sendiri. Orang tua gue bantu nyemangatin sama ngedoain aja. Gue ga tau ya di belakang gue mereka usaha nyariin gue kerjaan apa ga. Tapi kayaknya sih ga ada ya wahahahak!!

Kenapa gue yakin ga ada? Karna gue tau, keluarga dari bapak gue tu punya koneksi yang lumayan. Setidaknya gue tau ada 2 orang yang kemungkinan bisa ngasih peluang kerjaan. Salah satunya, pejabat penting di salah 1 kotamadya di Provinsi sini. Bahkan katanya, bapak gue yang jadi saksi pernikahan mereka zaman dulu.

Koneksi Emak gue juga lumayan sebenarnya, bahkan ada 1 kawan akrabnya dia yang jadi staf ahli di salah satu kota di sini. Ga ada juga tu hawa-hawa minta cariin kerjaan buat gue. Makanya gue yakin orang tua gue ga ada yang bantu cariin gue kerja wahahahak!

JAWABAN DARI PERTANYAAN ITU

Sekian lama pertanyaan itu tersimpan di kepala, dari tahun 2015 sampai hari ini, baru kemaren dapet jawabannya. Ketemu jawabannya pun sebenarnya ga disengaja. Jawaban itu datang ketika gue dengerin siniarnya bang Pandji di Spotify.

Dalam siniarnya itu, bang Pandji ngasih tanggapan terhadap seseorang yang ga tau cita-citanya mau ngapain. Seseorang ini ngerasa ga ada tujuan hidupnya gitu. Gue ga nyangka, pembahasan yang awalnya ga ada berhubungan sama pertanyaan gue itu, justru ketemu jawabannya di sana.

Jawabannya berkesan banget, karna gue udah nyari sejak 8 tahun yang lalu.

Emang selama itukah kita harus nyari jawaban? Tapi, sampai hari ini, gue masih mempertanyakan penyebab mantan gue mutusin gue tahun 2012 yang lalu. Udah 11 tahun gue belum ketemu jawabannya, setidaknya ga memuaskan lah buat gue.

Oke, balik lagi ke jawaban dari pertanyaan gue di awal.

Akhirnya gue tau kenapa orang tua gue ga ngebantuin nyariin kerjaan: biar gue punya pilihan hidup sendiri.

Biar gue lebih punya arah tujuan hidup yang jelas. Karna selama ini hampir seluruh hidup gue diarahi sama mereka. Meskipun kalo soal pendidikan kita emang sejalur. Tapi dibeberapa bidang kehidupan gue sama orang tua gue tuh beda.

Contohnya kayak kerjaan deh, mereka tu pengennya yang deket-deket aja. Sementara gue maunya merantau. Itu juga yang bikin gue ngotot untuk daftar CPNS penempatan Kementerian pusat. Karna gue mikir, kalo kelamaan hidup sama orang tua terus, entar ga punya survival skill yang mumpuni.

Jadi sebetulnya ga 100% gue ambil keputusan gue sendiri, sih. Mereka tetap punya bagian untuk ngarahin. Meskipun ngarahin, mereka tetap nyerahin keputusan akhirnya di gue, kecuali gue yang minta.

Gue baru sadar, kalo bisa memutuskan pilihan hidup sendiri itu ga ada di semua orang. Ini previllage yang underrated ke sekian yang gue temukan sejauh ini. Semakin sering ngambil keputusan, semakin jago kita nentuin mana yang lebih baik untuk kita. Tentu setiap keputusan ada baik dan buruknya. Tapi kita akan bisa memprediksi lebih baik, mana hal-hal buruk yang bisa kita tolelir ketika keputusan sudah diambil.

Untuk melatih hal itu, kita harus sering-sering dapat kesempatan untuk mengambil keputusan. Sesimpel mau makan, deh. Kalo lu ga tau harus makan dimana dan harus orang lain yang nentuin, kemungkinan untuk hal-hal yang lain juga akan begitu. Lu akan terus bergantung sama orang lain.

Lebih berbahaya kalo keputusan itu sangat mempengaruhi hidup lu, diputuskan oleh orang lain. Karna kalo keputusannya bener, lu akan makin bergantung sama orang lain. Tapi kalo keputusannya salah, lu akan nyalahin orang lain, padahal itu kan hidup lu sendiri.

Biasakan kalo untukmu sendiri, tentukanlah sendiri pilihanmu. Bisa aja kamu butuh pendapat orang lain, tapi ingat, keputusan akhirnya bukan ada di mereka. Pendapat orang lain digunakan untuk menambah point of view tentang hal yang lagi kamu bingungin.

BELAJAR DARI SEKARANG

Kalo kamu yang baca tulisan ini merasa masih bergantung sama orang lain untuk mengambil keputusan, belajarlah dari sekarang. Ga ada kata terlambat untuk belajar suatu hal. Apalagi untuk sesuatu yang menentukan masa depanmu.

Mulai berani untuk memilih langkahmu sendiri. Langkah pertama memang berat, tapi bukan berarti ga bisa, kan? Masa depanmu itu kamu sendiri yang tentukan arahnya. Orang lain hanya memandang, ga ikut nanggung penderitaanmu ketika menjalaninya.

Memahami dirimu sendiri adalah salah satu kunci untuk tau keputusan yang kamu ambil itu baik/buruk. Semakin kamu kenal sama karakter diri kamu, semakin kamu tau apa yang kamu butuhkan dan ga dibutuhkan. Hasil akhirya, akan bikin pengambilan keputusanmu makin mudah.

Kalo dirasa berat untuk mengambil keputusan yang besar, mulai dari yang kecil-kecil dulu. Sesederhana nentuin mau makan apa, tentukan sendiri mau makan dimana/makan apa. Sesederhana mau nonton film apa, tentukan sendiri untukmu.

Karna kamu ga bisa selalu bergantung dengan orang lain. Orang lain juga punya kesibukannya sendiri. Jangan nambahin kerjaan mereka dengan harus ikut mengambil keputusan untuk hidupmu. 

Pada akhirnya, cuman kamu sendiri yang ngejalanin semua keputusan itu. Orang lain cuman nonton dan ngasih perspektif lain aja. Kalo toh kamu-kamu juga yang ngejalaninnya, kamu harusnya ga perlu bergantung sama orang lain untuk nentuin keputusannya kan?

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.