PREVILLAGE UNDER RATED YANG SERING DIREMEHKAN

Lu pada pasti sering denger kata "previlage" akhir-akhir ini. Apalagi sekarang ada yang punya previlage bapaknya jadi presiden trus ngejadiin anaknya wakil presiden terpilih berikutnya. Memang, sih, kalo punya previlage itu mesti dimanfaatin. Terlebih kalo bisa bermanfaat buat banyak orang, tapi ga mesti buru-buru juga, kan?

PREVILLAGE UNDER RATED YANG SERING DIREMEHKAN
Anyway, previlage itu banyak bentuk dan keuntungannya. Ada yang keliatan secara kasat mata, ada juga yang ga terasa. Nah, kali ini gue coba bahas previlage yang tak kasat mata alias under rated karna sering diremehkan oleh manusia-manusia lupa bersyukur, terutama gue.

Jadi gue bikin tulisan ini untuk ngingetin diri sendiri agar selalu bersyukur. Karna udah diberkahi dengan keadaan yang ga semua orang bisa punya. Siapa tau lu juga punya tapi selama ini ga sadar, ya kan?

LINGKUNGAN KERJA POSITIF

Kamu tau ga kalo lingkungan kerja yang positif itu ga semua orang bisa dapetinnya? Gue sering banget liat orang curhat di platform X kalo lingkungan kerjanya tu toksik dan ga sehat. Ketika gue masuk kerja dan sadar kalo lingkungan kerja gue ini sangat positif, otomatis betah.

Ketemu sama temen yang suportif, atasan langsung yang masih mau belajar, dan izin ga masuk kerja yang ga dipersulit. Gue yakin dari 3 itu ga semua orang bisa dapet tiga-tiganya. Makanya bersyukur kalo misalnya kamu sekarang lagi berada di lingkungan ini.

Nikmati dan manfaatkan baik-baik untuk belajar dan ambil pengalaman dari mereka. Karna ga selamanya situasi kayak begini bakalan bisa dirasain. Dunia ini ga ada yang pasti, yang pasti itu cuman ketidakpastian itu sendiri.

Mau sepahit apapun pengalaman yang dialami, mau semanis apapun kejadian yang kamu lalui, dinikmatin aja. Jadikan semua sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga buat bekal lu di masa depan.

Sepositif apapun lingkungan kerja lu, pasti akan selalu negatifnya. Ga ada yang ideal di dunia ini. Kerja mah selalu ada negatifnya, tinggal seberapa jauh diri lu mentoleransi hal negatifnya. Kalo lu udah ga betah lagi, cabut aja.

ORANG TUA YANG SEHAT

Punya orang tau yang masih berbadan sehat dan masih bisa aktivitas normal tu sebuah previlage juga. Karna ada banyak yang orang tuanya sakit dan bikin rutinitas bertambah selain bekerja. Ga gampang ngejagain orang tua sakit yang harus ditinggal kerja. Iya kalo kerjanya masih deket, kalo jauh merantau gimana? Kepikiran pasti kan?

Gue kenal temen yang punya keadaan kayak begini. Kondisi dia anak tunggal, yang harus kerja dan ngejagain orang tuanya yang lagi sakit. Ga kebayang sekuat apa mentalnya harus juggling 2 peran sekaligus begitu. Gue aja ngebayanginnya udah capek, gimana yang ngejalanin? Keren banget anak ini.

Syukuri kondisi orang tua lu yang masih sehat bugar, bikin lu bisa fokus kerja. Meskipun mereka sehat, lu juga mesti bantu jaga kesehatan mereka. Kasih makan yang sehat, beliin multivitamin, ajakin olahraga. Jangan peling-pelit kalo buat orang tua lu, meskipun mereka masih bisa cari duit sendiri.

Buat yang lagi ngejagain orang tua yang lagi sakit, tetap semangat ya! Itu ladang amal buat lu. Kerjain dengan ikhlas, ngeluhnya ke Tuhan aja, ntar hasil panennya lu yang ambil. Ga ada keringat yang lu keluarkan yang ga dihitung sebagai kebaikan ketika lu berbakti sama orang tua.

KANTOR YANG GA RIBET

Salah satu previlage yang paling gue sukurin sampai hari ini adalah kantor yang anti ribet. Termasuk anti ribet dalam hal perizinan dan birokrasi karyawan. Kalo mau izin, ga dibikin ribet apalagi dipersulit. Padahal gue terhitung karyawan baru di sana dan dibedain perlakuannya kayak yang senior.

Gue pernah ngeliat ada yang ngeluh katanya mau cuti aja harus pake alasan macam-macam. Cutinya ditunda-tunda karna disuruh ngelarin kerjaan cepet-cepet. Bahkan ada yang ditolak karna alasan yang ga jelas.

Jadi ketika masuk kantor yang izinnya sama sekali ga ribet, langsung ngerasa diberkahi banget. Bahkan karna terlalu gampang izin, justru segan keseringan izin jadinya. Kayak ga enak sendiri gitu loh, padahal gapapa juga kalo mau.

Ga semua kantor bisa kayak begini. Harusnya dimanfaatin biar kesehatan mental kita tetap terjaga. Tapi suka ga enakan gitu izinnya, mungkin karna segan kali, ya? Padahal kita butuh healing ya tinggal bilang aja. Meskipun tentu ada konsekuensi yang mengiringi di belakang, misalnya potong gaji karna izin.

Itu pun buat gue masih adil. Gapapa gue potong gaji, tapi ketika gue izin gue ga digangguin masalah kerjaan sama sekali. Karna gue udah ngebuktiin sendiri. Izin potong gaji 2 hari, selama itu juga gue ga pernah diganggu soal kerjaan. Gue bener-bener nikmatin izin yang dikasih.

BISA BERPENGHASILAN TANPA HARUS NGANTOR

Sebenarnya sejak 2022 gue udah berpenghasilan tanpa harus ngantor. Cuman gue stress banget di rumah karna kebiasaan ortu yang belang banget daripada gue. Mereka afternoon person sementara morning person. Kalo siang energi gue perlu dipulihkan dulu, minimal tidur. Sementara ortu gue, justru baru "mulai" beraktivitas pas siang hari.

Akhirnya gue cari kerja untuk bisa "menghilang" dari rumah sementara. Lebih penting lagi, gue punya alasan untuk nolak kegiatan belanja-belanja stok toko yang menguras mental gue itu. 

Lu kalo punya penghasilan yang bisa dikerjain tanpa harus ngantor disyukurin dan kalo bisa lu tambah. Entah lu nambah skill lu jadi lebih profesional dengan ikut sertifikasi ataupun bootcamp. Bisa juga nambah pekerjaan lain yang masih relevan dengan kegiatan lu selama ini.

Kalo lu ga berkembang secara value , lu akan ketinggalan sama yang lain. Selalu ingat kutipan ini: "ilmu yang lu bawa ke titik ini, ga kan bisa dipake untuk nyampe ke titik itu". Jadi kalo lu mau dapetin yang lebih besar, diri lu sendiri juga harus berkembang.

Kalo lu masih tetap harus ngantor untuk berpenghasilan, gapapa juga. Siapa tau passion lu emang jadi karyawan kantoran, ga masalah kalo itu memang yang lu mau. Jalani dan nikmati prosesnya sampe lu ketemu kantor idaman lu.

* * *

Kalo lu sendiri udah pernah ngerasain ga previlage yang menurut orang lain underrated, tapi menurut lu ini justru bagus kalo dimliki? Coba ceritain pengalaman lu di kolom komentar, ya.

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.