NONTON KONSER AVENGED SEVENFOLD PERTAMA KALI

Jujur gue adalah salah satu orang yang ga terlalu suka keramaian. Nongkrong aja nyari lokasi yang jauh dari jalan raya dan ga ada live music-nya biar bisa ngobrol intim. Jadi, nonton konser itu istilahnya "bukan gue banget." Daripada nonton konser, mending gue ke bioskop, rame, sih, tapi enak sambil duduk dan gelap-gelapan jadi ga berasa keliatan rame.

Gue pernah nonton konser beberapa kali. Tapi bukan spesial konser, jadi ada event apa gitu, yang ngundang artis terkenal. Nah, gue nonton di situ. Ga bisa dibilang konser juga, kan ya?

NONTON KONSER AVENGED SEVENFOLD PERTAMA KALI

Tapi kali ini momennya berbeda. Ini adalah momen super duper langka dan saat yang tepat. Ada beberapa hal yang bikin momen ini jadi spesial dan bikin gue nekat untuk nonton konser pertama kali.

1. Avenged Sevenfold

Konser yang gue tonton bukan artis sembarangan. Band satu ini udah "nemenin" hari-hari gue sejak SMA kelas 3 sampai hari ini. Waktu tahun 2008 (kalo ga salah) gue liat kalo Avenged Sevenfold konser di Jakarta. Tapi waktu itu ga memungkinkan karna masih sekolah dan uang juga masih ga ada.

Seiring berjalannya waktu, gue masih tetap dengerin lagu-lagu mereka meskipun Avenged Sevenfold jarang rilis album baru. Album terakhir mereka sebelum konser 2024 ini rilis tahun 2016. Udah 8 tahun lebih mereka vakum dan ini momen langka yang mungkin ga akan terjadi lagi. Oleh karena itu, gue bela-belain izin dari kantor untuk bisa nonton konser band ini untuk pertama kalinya seumur hidup. 

2. Udah 5 Tahunan Ga Pernah Travelling Lagi

NONTON KONSER AVENGED SEVENFOLD PERTAMA KALI

Semenjak 2018 itu kayaknya terakhir kali gue travelling ke Pulau Jawa. Itu pun perginya karna ada undangan interview kerjaan waktu itu. Setelah itu udah ga pernah lagi pergi-pergi. Selain karna belum ada penghasilan juga, ditambah pandemi jadi makin males kemana-mana.

Nah, karna momennya ada, dan dananya kebetulan lagi ada juga, berangkatlah gue tahun ini. Padahal sebelumnya gue udah bersumpah ga mau jalan-jalan kemana kalo ga dibayarin sama orang wahahaha! Akhirnya pecah telor juga berangkat pake duit sendiri buat jalan-jalan.

Nungguin orang mau ngebayarin kelamaan. Eh giliran ada ternyata bukan buat gue, berasa di prank banget kan jadinya! Emang kalo udah kepingin banget itu biasa ga akan kejadian kalo posisinya di gue. Beda sama orang lain, dia yang kepingin dia pasti dapet.

3. Kangen Temen-Temen

Temen-temen gue banyak di Jakarta, lama banget ga ketemu sama mereka. Terlebih sejak 2018 udah ga pernah lagi ke Pulau Jawa, kan, jadi kangen. Rencananya kalo berangkat akan sekalian jadi ajang temu-kangen sama mereka juga.

Karna terbatasnya waktu, ga semua circle bisa ditemuin. Gue coba hubungin yang udah lama banget ga ketemu dulu. Meskipun semuanya udah lama banget ga ketemu, ya, tapi gue ga bisa akomodir semuanya dalam waktu yang terbatas ini. Terpaksa ada yang harus "dikorbankan" untuk ga dikabarin.

PERSIAPAN NONTON KONSER

Dengan kombinasi 3 hal tadi, jadilah gue nonton konser Avenged Sevenfold untuk pertama kali. Bahkan ini adalah nonton konser pertama gue di luar Kalimantan. Jarang-jarang artis bisa konser di Kalimantan, kecuali ada promotor gede yang ngundang. Itupun juga digabung sama artis-artis lain, bukan konser tunggal.

Bisa dibilang nonton konser pertama kali ini tanpa persiapan sama sekali. Gue bahkan ga nyari temen buat berangkat bareng ke venue. Males juga nyari-nyari begituan, lebih enak sendiri ga ribet.

Gue beli tiket konsernya 3 bulan sebelum konsernya dimulai. Alhamdulillah ga banyak drama kayak orang-orang yang ngewar tiket konser lainnya. Lancar banget, ngantri setengah jam, begitu dibuka, order dan langsung bayar saat itu juga.

Avenged Sevenfold Live in Jakarta!

Platform loket.com emang keren banget. Meskipun dengan traffic yang setinggi itu, ga lemot sama sekali ketika prosesnya. Lancar, mulus dan tanpa kendala sama sekali. Setidaknya itu yang gue alami ketika beli tiket konser Avenged Sevenfold yang judulnya The Only Stop In Asia ini.

Sambil nunggu jadwal konsernya, gue udah mulai survey penginapan yang bakalan jadi tempat tinggal sementara di Jakarta. Gue coba tanya temen di Jakarta yang sering staycation gitu, dapetlah 1 tempat penginapan yang direkomendasiin sama dia. Gue cek di google dan harganya masuk budget gue, gue pilih di situ.

Sebelum mesan penginapan, gue udah pesan tiket pesawat duluan. Karna gue khawatir kalo misalnya mesan belakangan bakalan dapet harga mahal. Meskipun pada akhirnya ga dapet harga yang murah-murah banget, langsung gue amanin duluan. Biar mikirin hotel doang yang harus gue kerjain.

Menurut gue nyalain notifikasi harga termurah untuk mantau harga tiket/hotel di google itu salah satu trik cepat untuk tau harga termurah incaran kita. Jadi jangan ragu untuk manfaatin fitur gratis dari google ini untuk budget travelling yang lebih hemat. Manfaatin juga voucher diskon di aplikasi travelling lu saat mesan.

Satu lagi: koneksi internet yang cepat tu ngaruh banget buat war tiket ya ges! Kalo bisa pake laptop/pc sekalian. Biar responnya satset dan lu bisa book tiket lebih dulu daripada yang lain.

Sebelum nonton konser pastiin memori hp lu ga ada yang penuh. Kalo perlu kosongin dulu memorinya sebelum berangkat biar lu bisa puas ngerekam momen sekali seumur hidup itu. Batrai hp lu juga semuanya harus penuh, jadi lu ga perlu bawa power bank buat nyolok-nyolok hp di tempat konser.

NONTON KONSER

Karna gue masih bodoh soal perkonseran, gue ga baca jadwal fix-nya. Gue kira konsernya cuman di jam 7 wib itu doang dengan dibuka oleh band luar The Used. Gue ga tau kalo ternyata rangkaian acara konsernya ini dimulai dari sore. Gue mah sore ngumpul sama temen-temen blogger dulu. Sore itu ada bandnya Onadio Leonardo padahal, tapi memang jauh jam konsernya antara band Onad  ke The Used itu. 

Gue berangkat dari penginapan sekitar jam 7 an malam. Enaknya tinggal di Jakarta, meskipun ga punya motor/mobil pribadi, cukup pake transum juga bisa berangkatnya. Dari penginapan gue naik MRT sekitar 10 menit untuk ke GBK. Trus dari stasiun MRT jalan kaki sekitar 10 menit ke dalam GBK.

Buat orang awam yang baru pertama kali ke GBK, petunjuk ke venue konsernya minimalis banget. Dalam ring GBK-nya ga terlalu keliatan penunjuk arah harus kemana untuk ke venue konsernya. Gue harus nanya ke security dulu untuk tau arahnya kemana.

Andai informasinya lengkap saat di lapangan, mungkin gue ga terlalu cape untuk bisa sampe ke venue-nya. Harus pake acara nyasar dikit, baru deh nyampe ke tempat untuk tuker gelang. Alhamdulillahnya di spot yang ini ga ada antrinya sama sekali. Gue bisa langsung masuk di barisan antrian dan langsung diperiksa oleh panitianya tanpa nunggu.

Gue cuman nanya rute ke venue dari penginapan gue doang. Ternyata kalo transportasinya umumnya udah "mapan" tu enak banget ya kemana-mana. Bahkan ga perlu pake motor/mobil sendiri juga bisa loh! Kapan ya kota gue bisa kayak begitu?

Hal yang gue takutkan ketika nonton konser itu cuman hujan. Tapi gue pede ga bawa jas hujan ke venue. Cuman pake sendal doang berangkatnya takut sepatu gue basah. Gue ga terlalu takut copet karna ini konser bertiket mahal, gue rasa sih maling juga mikir 2 kali kalo mau beraksi di sini.

Ada 1 hal yang luput dari perhatian gue: minuman dan makanan. Gue ga tau sejauh apa jarak antara stasiun MRT dengan venue itu. Ternyata mayan banget untuk gue yang saat itu jarang banget olahraga jalan kaki. Bikin badan keringetan dan ga bawa air minum sama sekali.

Gue kira bakalan bisa beli di dalam venue konsernya. Bisa, sih, tapi harganya muahal banget anjeeng!! Masa jus jeruk biasa aja harganya bisa 25rebu!? Wahahahak ekstrim bet kayak di bandara harganya! Akhirnya gue memutuskan untuk beli minumnya nanti aja sepulang nonton.

Gue heran, beli merchendise originalnya itu sampe antri panjang banget. Gue yang kepengen beli malah ga jadi karna ngeliat antriannya yang panjang itu. Memang sih itu merch langka, tapi gue ga suka antri berlama-lama di sono. Gue kira ntar pulang konser bakalan sepi, eh ternyata kagak! Masih sama panjangnya kayak pas datang! Buset!

Bodohnya, gue ga tau adalah kalo bubaran konser itu jam 12 malam. Stasiun MRT udah ditutup. Jalanan depan GBK macet banget!! Padahal udah jam segitu, tapi masih rame banget orang di jalan. Mungkin karena waktu itu weekend juga kali ya? Makanya masih rame jam segituan.

Gue udah pasrah mau naik gojek aja dengan kondisi jalan kayak "neraka" itu. Sambil mikirin alternatif selain naik gojek, gue coba jalan kaki ke halte TJ terdekat dari GBK. Ga jauh di depan gue ada orang yang masuk ke hatel TJ itu, gue ngikut masuk juga. Kebetulan ada security di sana, gue tanyain "Pak TJ nya masih ada ke arah x?" "Masih mas" katanya. Seneng banget! Ternyata masih ada TJ nya.

Gue nunggu sekitar setengah jam lebih sampe TJ nya datang. Penuh banget TJ nya waktu itu, gue aja ga bisa dapat tempat duduk lagi. Gapapalah daripada harus pulang naik gojek macet-macetan ya kan?

Gue nyampe penginapan sekitar jam 1 an dan kelaparan. Untungnya penginapan gue ini strategis banget lokasinya. Ga susah kalo mau nyari makanan, tinggal pilih mau yang mana. Enaknya lagi bisa buka sampe larut malam juga! Jadilah gue beli nasi goreng depan penginapan.

SETELAH KONSER

Setelah puas ngerekam aktraksi panggung Matt Shadows dkk, tibalah momen selfie di venue konsernya. Meskipun Avenged Sevenfold-nya udah ga ada, gue tetap mengabadikan momen nonton konsernya sendiri.

Sayangnya gue cuman selfie pas di dalam stadionnya doang. Saat di luar stadion yang banyak sekali pernak-pernik konsernya, malah ga bisa selfie. Gue terlalu sungkan untuk minta fotoin sama orang yang ga dikenal. Mungkin konser selanjutnya harus sedikit lebih PD untuk minta fotoin sama orang lain.

Bubaran konser gue ga mau buru-buru keluar begitu selesai acaranya. Lebih memilih untuk bertahan di dalam stadion sambil nungguin kepadatan pintu keluarnya mulai lengang. Gue pake trik yang sama ketika bubaran nonton di dalam studio bioskop. Hal yang sama gue lakuin ketika turun dari pesawat.

Sambil nunggu orang-orang pada keluar stadion, gue coba cari-cari sudut yang pas untuk ambil foto dengan latar panggung konsernya. Anaknya pemalu untuk minta fotoin sama orang soalnya wahahahak!! Jadilah foto selfie nya seadanya doang.

Overall, very happy to Avenged Sevenfold live for the first time ever!! Gimana ga seneng? Kalo lagu-lagu mereka masih nemenin gue dari zaman kuliah 2009/2010 sampe sekarang? Akhirnya bisa kesampaian nyanyi bareng mereka di Indonesia. Ga ada kata lain selain: alhamdulillah!!

Alhamdulillah ada rezekinya, alhamdulillah ada tenaganya, alhamdulillah ada waktunya. Semua ga mungkin kejadian kalo ga ada Tuhan YME.


0 Comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan isi dari tulisan ini. Hargai dengan tidak berkomentar sekadar hanya untuk menaruh link blog anda. Terimakasih. Buat yang terindikasi spammer, akan langsung saya hapus dan report spam.